http://www.schnaapklicks.com/?ref=cacoel06

Jumat, 05 November 2010

Efek Dari Plasebo


"Om Swastyastu"

Di Televisi dan Koran maupun berita - berita lainnya banyak diberitakan mengenai dukun / dokter palsu, saya bertanya - tanya dalam hati, " Kalau palsu, mengapa pasennya bisa ramai?" pada saat dukun atau dokter tersebut terbukti palsu, mereka biasanya sudah cukup lama menjalankan prakteknya. Biasanya, di akhir koran yang melapor baru berjumlah tiga orang. kemungkinan masih banyak korban lain yan gbelum atau tidak mau melaporkan kepada pihak yang berwajib. Sebenarnya yang lain tidak melapor karena tidak mau atau memang mereka sudah sembuh dan tidak mau dirugikan sama sekali?? Kalau dokternya palsu berarti obatnya juga palsu donk? tapi kok bisa sembuh??

Inilah disebut Efek Plasebo...
saya akan ceritakan sebuah penelitian yan gdilakukan seorang Profesor di Amerika, dimana dia pernah mempraktekkan efek ini kepada para mahasiswanya. Suatu hari, ia membwa sejenis penyemprot spray yang berisi air putih biasa dan mengatakan kalau itu adalah wewangian terbaru yang ia temukan. ia lalu menyemprotkan ke seluruh kelas dan meminta mahasiswanya mengangkat tangan segera setelah mereka mencium sesuatu. Dan secara mengejutkan, sebanyak tujuh tiga persen dari mahasiswanya mengaku mencium suatu bau yang sebenarnya tidak ada. 

Biasanya plasebo digunakan untuk mengetes keefektipan obat penemuan baru. tablet plasebo ini sebenarnya adalah hanya mengandung tepung atau gula yan gtidak ada efek secara medis sama sekali. Namun, selalu saja ada dalam setiap penelitian, paseien yang mengaku sembuh atau memberikan respon positif atas pemberian plasebo ini. Para ahli menyimpulkan efek ini timbul akibat adanya Sugesti  yang kuat, yang nantinya dapat mempengaruhi saraf otonom dan pada akhirnya mengaktifkan sistem imun dalam tubuh kita.

Ada juga cerita yang menarik yang mana, baik di desa maupun di kota ada pasien yang mengatakan dirinya merasa sakit, namun dari diagnosa dokter tidak ada penyakit yang diderita pasien. Jika dokter mengakatan itu hanya penyakit di pikirannya saja tentu si pasien akan kesal. oleh sebab itu dokter akan memberikan obat yang sebenarnya bukan obat seperti vitamin, dll. dokter juga tidak akan sembarangan memberikan obat pada pasien yang sebenarnya tidak sakit, karena obat dan racun beda tipis. Dan disinilah fungsinya plasebo... Hehehehe... toh si pasien juga percaya yaa??? intinya pasien sembuh....

Efek ini akan lebih terbukti jika adanya kepercayaan yang kuat akan sesuatu oleh pasien, sugesti dari dokter, teknik pemeriksaan ataupun prosedur yang membuat pasien menjaditambah percaya...

Demikianlah semoga tulisan saya ini bermanfaat buat kita semua, inti dari semua ini adalah dari pikiran kita.. 
"Om Santih, Santih, Santih Om"

Komentar :

ada 0 komentar ke “Efek Dari Plasebo”

Posting Komentar